Rabu, 09 Desember 2015

Kunjungan Perpustakaan Khusus : Perpustakaan Bank Indonesia DI Yogyakarta



Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat hari Rabu para pembaca yang budiman, setelah beberapa waktu lalu saya menghadirkan sebuah postingan saat mengunjungi perpustakaan Kolsani, kali ini saya akan memposting hasil kunjungan saya ke salah satu perpustakaan khusus di Yogyakarta Istimewa ini.

Apakah itu perpustakaan khusus??? Perpustakaan khusus adalah suatu perpustakaan dimana koleksi perpustakaan tersebut hanya menekankan pada suatu bidang khusus atau bidang yang saling berhubungan, nah kali ini saya berkunjung ke perpustakaan khusus, tepatnya perpustakaan Bank Indonesia regional Yogyakarta.


Pada hari Senin, 7 Desember 2015, saya bersama beberapa teman kelas mengunjungi perpustakaan BI yang berada di Jalan Panembahan Senopati No 4-6, Yogyakarta tepatnya di lantai 2 gedung Herittage eks de Javasche Bank, letaknya tepat di samping Mushola Bank Indonesia.
Saat belum masuk kedalam perpustakaan kita akan berpikir bahwa tempat itu terlihat sempit, tetapi setelah masuk kedalam ternyata areanya cukup luas. Pertama kali masuk kita harus menunjukkan kartu identitas, mengisi daftar pengunjung dan menitipkan barang bawaan seperti tas atau jaket. Barang dapat disimpan di loker yang disediakan, akan tetapi jumlah lokernya sangat kurang.
Ruangan didalam perpustakaan dibagi menjadi 5. Pertama berada di dekat pintu masuk, yang diperuntukkan sebagai ruang baca. Kedua berada di sebelah selatan ruang pertama, yang juga merupakan ruang baca dan disediakan pula tempat untuk anak-anak berupa karpet yang dilengkapi meja dan bantal duduk, banyak pula ensiklopedia bergambar yang tentunya menarik untuk anak-anak. Ruang ketiga adalah ruang komputer, disini para pengunjung bisa mengakses internet (disediakan wifi juga) untuk mencari literatur-literatur lain, komputer yang disediakan cukup banyak dan koneksi internetnya lumayan kencang. Ruang keempat adalah ruang santai yang berfasilitas sofa empuk dan pemandangan di Jalan Panembahan Senopati, di ruang ini pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sekaligus membaca koran atau jurnal BI. Ruang terakhir adalah sebuah kantin yang menerapkan sistem kantin kejujuran, disana tidak ada penjaga kantin melainkan daftar harga minuman atau makanan, pengunjung tinggal mengambil dan membayar sesuai harga secara mandiri.

Koleksi perpustakaan ini difokuskan pada kajian ekonomi, keuangan maupun perbankan, namun koleksi umum juga cukup banyak meliputi ensiklopedia baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, buku-buku keagamaan, sosial maupun ilmu pengetahuan dan tentunya koleksi periodikal mencakup publikasi Bank Indonesia, lembaga pemerintah, jurnal nasional, dan buku-buku bidang ekonomi, moneter, perbankan dan lainnya. Terdapat juga koleksi novel Harry Potter dari seri pertama hingga yang terakhir, yaitu Harry Potter and The Deadly Hollows. Untuk sistem klasifikasinya, perpustakaan BI Yogyakarta menggunakan sistem DDC. Untuk layanan peminjaman, masyarakat umum tidak bisa meminjam buku dari perpustakaan ini, pengunjung hanya bisa membaca koleksi ditempat.

Perpustakaan Bank Indonesia Yogyakarta membuka layanan untuk umum, hari Senin-Kamis mulai pukul 08:00-16:00, sedangkan hari Jum'at mulai pukul 08:00-11:30 lalu buka lagi pada pukul 13:00-16:00. Hari Sabtu adalah hari libur kantor sehingga perpustakaan ini juga libur.\

Demikianlah hasil kunjungan saya ke perpustakaan Bank Indonesia Yogyakarta, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Terus giat baca buku, make it your habit. Teriakkan slogan "I hate myself when I am away from book!!!!"
Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan baik yang sengaja maupun tidak sengaja, sampai ketemu di lain kesempatan.
Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar